Meski bisa pertahankan Karburator standar bawaan pabrik, korek harian 4-tak tetap perlu ubah setingan. “Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karburator sebagai pemasok gas bakar harus disesuaikan,” jelas Teng Suang Hak, mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No. 55D, Jakarta Utara.
Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan
pilot-jet. “Tidak pake patokan. Soalnya karakter masing-masing Korek
harian berbeda antara Motor 110cc,125,150 dan lain sebagainya dan tergantung tujuan setting karburator
itu sendiri, Pertama rasakan pada keada'an langsam apakah cukup
bertenaga, kurus atau terlalu boros, Untuk hasil pengabutan yang
maksimal akan terasa suara ledakan knalpot keras.
Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. “Jika teriakan mesin
pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang
kurang. Coba naikan Lima angka dulu,” kata lelaki berambut cepak ini.
Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada
kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang.
Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi,” ingatnya.
Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu
artinya, kenaikan main-jet yang dilakukan terlalu besar dan harus
diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin
boros. “Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di
busi, Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan Terlalu boros.
Sementara untuk setelan pilot-jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika Motor
susah hidup setelah dilakukan korekan. “Atau setelah hidup, tapi pada
putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan.
Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,” katanya.
Cara menaikan juga bertahap. “Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,” tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta.
Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet
maupun main–jet untuk korek harian, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka.
Tentu saja, tergantung karakter korekan dan jenis karburator. “Tapi
dari pengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernah sampai
10.
Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE Disini mudah menang lohh say.. Tersedia 8 Games dalam 1 id Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE Contact ; BBM : D8B8BD43 Line : wedeqq WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online ) Tunggu apa lagi sayy Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE
1 komentar:
Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ONLINE
Disini mudah menang lohh say..
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ONLINE
Contact ;
BBM : D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy
Ayoo daftar di WDQQ . ONLINE
Posting Komentar